Selamat datang di blog MGMP IPS SMP Sebagai Media Informasi Kegiatan MGMP IPS SMP Negeri Kabupaten Lumajang

Kamis, 05 Maret 2020

Alat Peraga IPS


Alat Peraga karya peserta MGMP
Alat peraga dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien. Alat peraga merupakan media bantu dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan komunikasi guru kepada siswa dalam menyampaikan informasi atau materi.
Penggunaan alat peraga yang tepat dan efektif akan menjadikan suasana belajar menjadi lebih hidup, siswa lebih semangat dan antusias dalam mempelajari dan menguasai materi dan yang paling penting adalah tingkat pemahaman siswa akan lebih tinggi dibandingkan saat tidak penggunakan alat bantu peraga.
Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran juga dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran yang dibimbing seorang guru dalam kelas. Agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik maka alat peraga yang digunakan dapat melibatkan Siswa dalam proses pembuatannya sehingga pembelajaran dapat kontekstual dan bermakna. Dalam pembelajaran sering terjadi salah komunikasi yang disebabkan materi terlalu abstrak bagi siswa. Untuk mengurangi tingkat kesalahan komunikasi maka digunakan media belajar/alat peraga. Alat peraga dalam pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan inovatif.
Berikut beberapa kreatifitas peserta MGMP dalam membuat alat peraga dengan bahan baku sedotan plastik, silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan MGMP

Pertemuan MGMP
Antusiasme peserta MGMP mengikuti kegiatan MGMP setiap hari Rabu di SMPN 1 Sukodono-Lumajang

Entri yang Diunggulkan

Buku Pertama di Lumajang

MGMP IPS SMP Kabupaten Lumajang, berupaya untuk menghapus stigma negatif terhadap kegiatan MGMP. Ada celetukan bahwa MGMP adalah kepanja...