Selamat datang di blog MGMP IPS SMP Sebagai Media Informasi Kegiatan MGMP IPS SMP Negeri Kabupaten Lumajang

Senin, 11 Mei 2020

TELECONFERENCE DINAS PENDIDIKAN DAN MGMP IPS SMP KAB. LUMAJANG



Selasa, 12 Mei 2020 Pkl. 11.00 s.d 12.20 telah dilaksanakan pertemuan antara Dinas Pendidikan dan MGMP IPS SMP Kabupaten Lumajang. Hal tersebut merupakan jadwal penundaan yang semestinya dilaksanakan pada hari Senin.
Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lumajang, Bpk. Drs. Agus Salim, M.Pd. Selain itu hadir pula Kabid Dikdas, yaitu Bpk. Drs. Suryadi, M.Pd. Pihak MGMP IPS SMP Negeri sebagai terundang dalam hal ini dihadiri oleh Pengurus MGMP. Hadir pula Ketua MGMP IPS SMP, Wahyu Purwanto, S.Pd., M.Pd. Adapun pengurus yang hadir antara lain, Mispan, S.Pd. (SMPN 4 Candipuro), Jihad Irfan M., S.Pd., M.MPd. (SMPN 1 Pronojiwo), Dra. Lilik Mudarsih, M.M. (SMPN 1 Klakah), Indah Sri Pangestu, S.Pd. (SMPN 1 Randuagung), Utari, S.Pd. (SMPN 1 Sukodono), Eko Sucahyono, S.Pd. (SMPN 5 Lumajang). Selain itu juga dihadiri oleh utusan dari Guru-guru IPS dari sekolah swasta.
Adapun point utama dalam pertemuan tersebut sebagai berikut.
1) Sosialisasi aturan larangan mudik bagi ASN.
2) Himbauan terkait dengan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 (memakai masker, disiplin cuci tangan)
3. Guru terus memacu kreativitas dalam pembelajaran jarak jauh/daring.
4. Apa yang telah dilakukan guru IPS dalam pembelajaran di masa pendemi ini                               
5. Masa pendemi ini bukan masa liburan tapi Work from Home/Kerja dari rumah, begitu juga Ibu/Bpk. guru                 
6. Pembelajaran berbasis IT sangat penting, tetapi tetap memperhatikan situasi dan kondisi lapangan
7. Pembelajaran yang tanggap terhadap kondisi dan situasi dibutuhkan, bukan memberikan tugas yang menyiksa siswa dan orang tua.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan tanya-jawab terkait dengan pembelajaran dan kegiatan yang telah dilakukan. Terkait yang telah dilakukan oleh MGMP IPS yaitu pada tahun lalu telah melaksanakan kegiatan MGMP yaitu penerapan media Quizziz dan google classroom dalam pembelajaran IPS bagi peserta. Hal ini ternyata sangat berguna dalam pembelajaran di masa pendemi ini. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MGMP IPS. Ke depannya MGMP IPS berharap dapat difasilitasi terkait mendatangkan Narasumber Nasional dari Universitas untuk mendukung kegiatan MGMP. Pengalaman pembelajaran di sekolah juga diutarakan oleh Bpk. Mispan, S.Pd., selain itu Bpk. Jihad Irfan Maulana, S.Pd., M.MPd menambahkan, bahwa di pendemi ini juga guru dapat mengisi kegiatan dengan mengikuti kegiatan seminar/workshop untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran digital.  Pada ujung acara Bpk. Plt. Kepala Dinas berpesan bahwa masa pendemi ini menjadi tantangan para guru IPS untuk terus berkreativitas dan meningkatkan dalam pembelajaran.  Salam IPS Hebat                                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan MGMP

Pertemuan MGMP
Antusiasme peserta MGMP mengikuti kegiatan MGMP setiap hari Rabu di SMPN 1 Sukodono-Lumajang

Entri yang Diunggulkan

Buku Pertama di Lumajang

MGMP IPS SMP Kabupaten Lumajang, berupaya untuk menghapus stigma negatif terhadap kegiatan MGMP. Ada celetukan bahwa MGMP adalah kepanja...